Selasa, 09 Oktober 2018

Dua Siswa Mansamura Ikuti Diklat Kader Pemimpin-LKS Mura

Peserta Diklat LKS Kabupaten Musi Rawas Tahun 2018. Kamis (4/10)(Foto:Ry)

Musi Rawas, InfoMaMilenial
Diklat Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) angkatan ke-XVI se-Kabupaten Musi Rawas yang diikuti oleh dua siswa MAN 1 Musi Rawas Alfareza dan Ayu Julianti (Mansamura) berjalan lancar tanpa suatu halangan. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Musi Rawas dari tanggal 3 sd. 7 Oktober 2018.

Menurut Purna LKS Mansamura Riya Efrianti LKS pada tahun ini merupakan angkatan yang ke-II atau angkatan ke-XVI Se-Kabupaten Musi Rawas. Angkatan pertama telah dilaksanakan pada tahun 2017. Pada saat itu dari Mansamura mengirimkan dua peserta yaitu Aji Pangestu dan Riya Efrianti sehingga saat ini kami berdua menjadi bagian dari Ikatan Keluarga Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA LKS).

Organisasi LKS di Kabupaten Musi Rawas semakin menunjukkan perannya dalam mencetak kader-kader calon pemimpin di daerag ini. Sehingga LKS menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Musi Rawas dengan menggandenf Pengurus Bersama Ikatan Keluarga Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (PB IKA LKS) sebagai pelaksana sekaligus penggerak LKS setiap tahunnya.

Mantan Ketua Osis Mansamura Aji Pangestu yang juga merupakan purna LKS Angkatan Pertama menuturkan bahwa selaku bagian dari Ikatan Keluarga Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (IKA LKS) angkatan pertama atau perintis di Mansamura ini begitu banyak tugas dan kewajiban serta tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan diembannya sebagai kader-kader calon pemimpin di masa yang akan datang.

"Menjadi kader LKS tidak mudah, juga tidak bisa di dapat oleh sembarang orang. Karena LKS sendiri sudah memberi peluang dan wewenang untuk setiap sekolah atau madrasah agar dapat mengirimkan kader terbaik mewakili sekolah, dan yang terpenting mampu menjaga nama baik almamater," kata Aji

Sebagai Peserta LKS 2018 Ayu Julianti mengatakan menjadi bagian dari keluarga besar LKS merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Karena tidak semua pelajar mampu menjadi kader pemimpin yang dapat dipercayai oleh pihak madrasah terutama untuk dapat mengikuti kegiatan di tingkat kabupaten.

"Dari LKS saya bisa berbicara di depan orang banyak, dari LKS saya bisa bersosialisasi dengan baik, dari LKS pula tingkat disiplin saya meningkat," katanya

Pembekalan utama yang akan kita dapatkan sepulang dari diklat ini ialah kedisiplinan yang sangat tinggi. Dikatakannya bahwa melalui diklat dirinya mampu memahami betapa pentingnya menghargai waktu. "Insyaallah jika kita menyadari akan hal itu maka tingkat disiplin kita akan semangkin baik dan kita akan pandai menghargai yang namanya waktu," tambah ayu.

Setiapa peserta LKS dari Mansamura diharapkan akan menjadi IKA LKS yang mampu menjaga nama baik almamater dan menlahitkan kader-kader pemimpin   yang baik dan berprestasi pada. (Riya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar