Kamis, 13 September 2018

Guru Millennial Wajib Kuasai Teknologi

Guru MAN 1 Musi Rawas sedang Menggunakan Komputer. Kamis (13/2) (foto:mila)


Musi Rawas, InfoMAMillennial
Pemberlakuan Kurikulum 2013 menuntut guru di abad 21"millennial" wajib menguasai teknologi. Terlebih lagi dalam hal laporan capaian kompetensi siswa yang kini berbasis aplikasi, seyogianya setiap guru tidak lagi gagap teknologi. Kamis (13/9)

Bagi seorang guru mata pelajaran proses penginputan nilai siswa dengan berbasis aplikasi Raport Kurikulum 2013 khususnya di MAN 1 Musi (MANSAMURA) sebagai satu-satunya madrasah  negeri sudah bukan menjadi hal baru. Pemanfaatan aplikasi raport K13 secara simultan dan kontinu dilakukan dengan baik oleh para guru MANSAMURA.

Salah seorang Wali Kelas Detin Maryani, S.Pd menuturkan bahwa MANSAMURA menjadi satu-satunya madrasah di Musi Rawas yang telah menerapkan Kurikulum 2013 sejak tiga tahun tetakhir sehingga guru-guru sudah tidak asing lagi dengan aplikasi teknologi laporan capaian kompetensi siswa. 

"Aplikasi laporan capaian kompetensi K13 telah kami gunakan sejak dua tiga tahun lalu. Jadi aplikasi ini bukan lagi hambatan bagi kami," tuturnya

Setiap aplikasi terkait dengan pembelajaran dan penilaian capaian kompetensi siswa dirasakan memang sedikit menyulitkan diawal awal, tetapi dengan kemauan dan motivasi untuk terus belajar, maka aplikasi teknologi apapun dapat dikuasai.

Beberapa menu yang wajib diisi diantaranya adalah data siswa, identitas sekolah, nama guru yang mengampu mata pelajaran, nama kepala madrasah, walikelas, nilai siswa yang meliputi nilai pengetahuan, keterampilan, dan spiritualitas, serta deskripsi capaian kompetensi siswa, dan prestasi siswa.

Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi akan mampu meningkatkan kompetensi profesional dalam proses belajar mengajar yang secara langsung berdampak terhadap peningkatan kualitas hasil belajar dan kualitas lulusan madrasah menuju madrasah hebat madrasah bermartabat. (Sy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar