Jumat, 14 September 2018

Jurnalistik : Dunia Generasi Millennial


Kepala MAN 1 Musi Rawas Buchari, S.Ag (ka) saat menyerahkan cindera mata print out PDF hasil karya Jurnalis Mansamura kepada Kakankemenag Mura H.Hermadi, S.Ag, M.Si (ki). Kamis (13/9) (foto:sy)

Musi Rawas, InfoMAMillennial
Keterbukaan informasi publik saat ini menggugah kita untuk terus mengupdate kejadian dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita setiap detik dari waktu ke waktu. Informasi sudah menjadi konsumsi utama masyarakat.

Untuk itu peran para penggiat dunia jurnalis "pemburu dan pembuat berita" menjadi sangat urgen dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi. Dunia Jurnalis adalah dunia generasi era millennial di abad 21 ini. Mereka bagaikan cindera mata bernilai tinggi dan sangat prestisius di era ini kehadiran dan informasinya selalu dinanti-nanti oleh semua orang dengan sarana gadget dan smartphone yang dimiliki sebagai sarana pembuat berita. Jum'at (14/9)

Sebagai satu-satunya lembaga pendidikan negeri setingkat SLTA di Kabupaten Musi Rawas, Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Musi Rawas (MANSAMURA) Buchari, S.Ag telah menunjukkan perannya dalam mensupport pemenuhan kebutuhan akan informasi publik.

Hal ini dilakukannya dengan menghidupkan geliat dunia jurnalistik melalui Tim Jurnalis Madrasah (TJM) di MANSAMURA). Hasilnya di Tahun 2018 tepatnya pada Bulan Maret lalu MANSAMURA meraih Juara I Kontributor Web Tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada ajang Evaluasi Web dan TIK Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

"Saya ingin madrasah ini maju dan di kenal luas di tengah masyarakat. Tidak ada yang tidak mungkin. Anak-anak Jurnalis ini anak cerdas. Merekalah ujung tombak publikasi madrasah," katanya

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas H.Hermadi,S.Ag, M.Si bersama tim disela-sela kegiatan PPKB-MGMP menyempatkan diri meninjau perkembangan kemajuan MANSAMURA pada Hari Kamis (13/9) kemarin. Dalam kesempatan itu pula Hermadi menerima Cindera Mata hasil karya Jurnalis MANSAMURA berupa print PDF berita yang telah tampil di media cetak.

"Saya betul-betul senang dan bangga dengan perubahan MAN ini. Saya berharap ini terus dipertahankan dan teruslah berinovasi untuk kemajuan madrasah," ungkapnya

Kedekatan para generasi muda dengan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone dan komputer tidak mungkin lagi untuk dibatasi, yang perlu dilakukan adalah memberikan ruang positif dalam pemanfaatan teknologi tersebut sehingga dapat menunjang pemgembangan potensi mereka selaku peserta didik.

Dunia Jurnalis menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan potensi dan mengasah kemampuan siswa seperti yang telah dilakukan oleh Kepala MANSAMURA. Semoga hal ini dapat menginspirasi para penggiat pendidikan lainnya untuk terus memberikan ruang-ruang kreatifitas bagi para peserta didiknya agar menjadi manusia indonesia yang berkepribadian, bermartabat, dan berakhlaqul karimah. (Imam)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar